Main Image
Benua Etam
Benua Etam | 12 Nov 2019

ANTO HOED : MOBILE JKN BUKTI BPJS KESEHATAN AKTIF MENGIKUTI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Jamkesnews – Tatapannya begitu tajam melihat smartphone miliknya. Sesekali jarinya menekan dan menggeser secara vertikal, horizontal, dan diagonal di layar smartphone. Dialah Anto Hoed, suami dari Melly Goeslaw. Musisi terkenal yang juga pasangan suami istri ini sedang mendengarkan sekaligus mengikuti arahan petugas BPJS Kesehatan yang datang ke kediamannya untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Kepada tim Jamkesnews, Anto Hoed pun bercerita.

“Saya sudah lama menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), tepatnya dari tahun 2014. Tujuan saya menjadi peserta JKN-KIS selain karena saya membutuhkan jaminan kesehatan untuk saya dan keluarga, tetapi juga karena JKN-KIS memiliki sistem gotong royong di mana iuran yang dibayarkan akan digunakan oleh yang membutuhkan. Karena itulah saya mendaftar, sebagai cara saya untuk berbakti kepada Indonesia,” ujar Anto pada Selasa (30/01) lalu.
Anto mengakui dalam perjalanan pembayaran iuran sempat terlewatkan karena di awal pembayaran iuran hanya bias melalui beberapa bank saja. Memang di awal berjalannya program jaminan Kesehatan pembayaran dapat dilakukan melalui bank tertentu saja. Tapi sekarang, kanal pembayaran sudah sangat banyak sehingga membayar iuran semakin mudah. Selain itu, adanya fasilitas autodebit membuat Anto tidak perlu lagi harus membayar setiap bulan karena akan otomatis terpotong.

“Autodebit ini memang sangat memudahkan. Saya benar-benar tidak perlu repot-repot bolak balik ATM atau keluar masuk mobile banking untuk bayar iuran. Setiap bulannya iuran akan terpotong secara otomatis. Apalagi, petugas BPJS Kesehatan mengatakan jika sekarang autodebit tidak harus punya rekening. Bisa pakai aplikasi Mobile JKN atau dengan menelepon *141*199#. Saya rasa inovasi ini patut diapresiasi karena memberikan banyak pilihan pada masyarakat untuk mendapatkan kemudahan membayar iuran,” lanjut Anto.

Berbicara aplikasi Mobile JKN, Anto juga mengaku sangat terkesima dengan aplikasi ini. Menurutnya, dengan aplikasi ini sudah dapat memberikan kemudahan kepada peserta untuk mengakses dan mendapatakan pelayanan administrasi, seperti kemudahan mendaftar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahu informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas Kesehatan, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.
“BPJS Kesehatan ini jeli sekali ya. Tahu jika jaman terus berkembang dimana semuanya harus serba mobile, sekarang orang tidak bisa lepas dari gawai atau smartphone. Dengan pintarnya, BPJS Kesehatan langsung bergerak cepat dengan meluncurkan aplikasi Mobile JKN. Jujur saya terkesan dengan aplikasi ini karena banyak keperluan yang bisa diurus hanya dengan modal smartphone saja. Apalagi, mengubah tempat berobat tingkat pertama sekarang tinggal buka aplikasi ini saja. Menurut saya, aplikasi ini adalah inovasi yang sangat bagus dan harus terus dikembangkan,” tambah Anto. (RI/sw)

Sumber : JAMKESNEWS

Share This Post
More News

Tap anywhere to start radio 96.8KPFM 🎵