968kpfm, Samarinda - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Samarinda memilih untuk membuka fasilitas online di masa pandemi agar pelayanan masyarakat tidak terganggu di masa pandemi covid-19.
Kualitas jaringan internet yang memadai menjadi menjadi suatu keharusan agar tersedianya pelayanan publik secara online yang baik.
Kepala Disdukcapil Samarinda, Abdullah menyebutkan jaringan internet merupakan jantung dari baik buruknya pelayanan online yang diberikan kepada masyarakat. Dirinya berkisah, saat terjadi gangguan massal jaringan internet turut berdampak pada terganggunya pelayanan pengurusan dokumen kependudukan yang masuk.
"Kalau sifatnya kemarin gangguan nasional, pasti kami juga ikut terdampak. Saat itu kami sempat mengalami gangguan selama 2 hari, harapan kami semua penyedia jaringan seperti Telkom selalu melakukan pembenahan jaringan dalam rangka mempercepat layanan publik yang kami sediakan saat ini. Sehingga yang namanya jaringan adalah jantungnya pelayanan online," harap Abdullah.
Selama ini memang ketersedian jaringan internet yang ada di Disdukcapil Samarinda masuk dalam tugas dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda. Oleh karena itu saat terjadi gangguan massal pihak secara cepat merespons dengan membuat laporan ke Diskominfo.
"Saat ini penyedia jaringan yang kami gunakan datang dari Diskominfo Samarinda, jika terjadi gangguan, kami tinggal melapor ke mereka untuk segera dilakukan langkah-langkah agar pelayanan tetap berjalan," tutupnya.
Penulis: Maul
Benua Etam
Terima Silaturahmi Masyarakat Umum, Gubernur Kaltim Berikan Santunan Kepada 1.000 Penerima08 Dec 2021